4 Cara Cek Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi PeduliLindungi


Pandemi Covid-19 masih terus berlanjut dan tidak ada informasi pasti kapan pandemi ini akan berakhir. Selama pandemi ini berlanjut, peran sertifikat vaksin Covid-19 masih vital. Karena masih vitalnya perang sertifikat vaksin C-19 tersebut, penting mengetahui cara download dan cek sertifikat vaksin Covid-19.

Sertifikat vaksin diperlukan untuk mengakses beberapa layanan dan tempat publik. Jika Kamu tidak tahu cara mendownload sertifikat vaksin C-19, maka Kamu tidak akan bisa menunjukkan bahwa Kamu telah divaksinasi. Hal tersebut tentu akan berdampak pada kegagalanmu mengakses banyak fasilitas publik.

Pada praktiknya, memang terdapat beberapa kendala yang mengakibatkan sertifikat tidak muncul meski sudah divaksinasi.Jika hal tersebut terjadi pada Kamu, maka tidak perlu panik. Selalu ada jalan keluar dan solusi dari gagal download maupun tidak tampilnya vaksin Covoid-19 meskipun vaksinasi telah dilakukan.

Apa Itu Sertifikat Vaksin Covid-19?

Sertifikat vaksin Covid-19 adalah tanda bukti bahwa seseorang telah berhasil divaksinasi Covid-19. Sertifikat vaksin Covid-19 ini akan diberikan setelah Kamu berhasil melakukan vaksinasi C-19. Pada umumnya, sertifikat vaksin Covid-19 ini tersedia dan bisa Kamu lihat di aplikasi dan website PeduliLindungi.

PeduliLindungi sendiri memang merupakan platform dimana semua informasi vaksin di Indonesia tersedia. Kendati demikian, Kamu masih bisa mendapatkan informasi sertifikat vaksin melalui SMS atau Chatbot WhatsApp PeduliLindungi. Sertifikat ini akan diberikan setiap Kamu sukses melakukan vaksinasi 3 tahap.

Artinya, Kamu akan mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19 tahap 1 sampai 3. Sertifikat vaksin Covid-19 berbentuk digital dan bisa Kamu cetak sendiri. Sertifikat ini berisi data berupa nama, NIK, tanggal lahir, ID sertifikat, dan keterangan telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap pertama, kedua, dan atau ketiga.

Selain itu, Kamu juga bisa melihat kode QR beserta beragam lambang instansi negara. Sertifikat vaksin Covid-19 memegang peran vital jika Kamu ingin mengakses beberapa tempat, contohnya mol. Selain itu, sertifikat vaksin Covid-19 juga menjadi syarat akses terhadap beberapa fasilitas atau layanan publik.

Untuk Apa Sertifikat Vaksin Covid-19?

Seseorang yang telah memiliki sertifikat vaksin C-19 (apapun tahapnya) memiliki akses terhadap beberapa tempat dan layanan publik. Yang vital dari sertifikat vaksin C-19 ini adalah fakta bahwa pembatasan akses dan fasilitas publik berlaku pada siapapun yang tidak memilikinya. Aturan ini adalah fakta dan resmi.

Sampai pandemi berakhir, sertifikat vaksin C-19 ini akan memberikan 5 manfaat pada setiap pemiliknya.

1. Syarat Menggunakan Transportasi Umum

Inilah yang mungkin bisa dikatakan kenapa sertifikat vaksin Covid-19 begitu vital di masa pandemi. Sertifikat vaksin Covid-19 merupakan syarat wajib untuk bisa mengakses layanan transportasi umum. Sebelumnya, orang bisa bebas melakukan perjalanan melalui kereta api, kapal laut, dan pesawat terbang.

Di era pandemi ini, agar bisa bepergian dengan transportasi umum tersebut Kamu harus memiliki dan menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19. Jika tidak, maka Kamu tidak akan bisa mengakses fasilitas transportasi umum tersebut. Konsekuensi, kendaraan pribadi mau tidak mau adalah pilihan rasionalmu.

2. Syarat Mengakses Area/Gedung Publik

Alasan kedua kenapa Kamu harus mengetahui cara download dan cek sertifikat vaksin Covid-19 adalah adanya fakta bahwa akses beberapa tempat harus menggunakan sertifikat vaksin Covid-19 tersebut. Beberapa fasilitas publik, contohnya mol, restoran, pusat kebugaran, tempat wisata termasuk di sini.

Memang, tidak semua tempat publik mewajibkan persyaratan sertifikat vaksin Covid-19 untuk bisa mengakses fasilitas yang ada di dalamnya. Namun, di kota-kota besar persyaratan sertifikat vaksin Covid-19 ini bisa disebut wajib dan luas cakupannya dan tidak hanya diterapkan di beberapa tempa saja.

3. Syarat Mengikuti Kegiatan

Menghadiri pernikahan, menonton konser musik, menonton pertandingan sepak bola, dan ikut dalam kegiatan tertentu di era pandemi ini bisa menjadi aktivitas yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang telah divaksinasi. Cara menunjukkan bahwa Kamu sudah divaksinasi tentu saja melalui sertifikat.

Memang tidak semua menerapkan aturan tersebut, tetapi jika persyaratan tersebut diterapkan dan Kamu memiliki sertifikat vaksin Covid-19, maka hal tersebut tidak menjadi masalah. Berpartisipasi dalam proyek atau kampanye perusahaan juga biasanya tidak jarang mewajibkan syarat memiliki sertifikat vaksin C-19.

3 hal di atas, rasanya sudah cukup untuk menjelaskan kenapa orang-orang membutuhkan sertifikat vaksin C-19. Sudah divaksin tetapi tidak tahu caranya memperlihatkan sertifikat vaksin merupakan kesalahan. Jika masih bingung bagaimana caranya, segera cari panduan cek dan download sertifikat vaksin C-19.

Panduan 4 Cara Download dan Cek Sertifikat Vaksin Covid-19

erdapat 4 cara untuk mendownload dan mengecek sertifikat vaksin Covid-19. Cara pertama adalah dengan memanfaatkan website PeduliLindungi. Kedua adalah dengan menggunakan aplikasi Android/iOS PeduliLindungi. Ketiga adalah dengan mengirim dan menerima SMS ke/dari nomor 1199.

Terakhir adalah dengan mengontak chatbot WhatsApp PeduliLindungi. Semua cara yang telah disebutkan tersebut sudah teruji. Kamu tidak perlu khawatir mengenai kebenaran ke4 cara tersebut. Kamu hanya perlu memilih cara mana yang dianggap paling mudah dan cepat untuk dilakukan.

Berikut adalah cara mendownload dan mengecek sertifikat vaksin Covid-19 melalui 4 cara yang berbeda.

1. Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Mengecek dan mendownload sertifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi merupakan cara mainstreamyang lazim dilakukan banyak orang. Melalui aplikasi ini, Kamu bisa melihat sertifikat vaksin Covid-19 sekaligus melakukan download secara tidak terbatas. Sertifikat vaksin Covid-19 selalu ada di sini.

Aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi dengan manfaat yang besar di era pandemi C-19. Banyak manfaat yang bisa Kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi ini. Jadi, Kamu direkomendasikan untuk menggunakan dan memiliki aplikasi ini dengan tujuan bukan sekadar untuk melihat sertifikat vaksin saja.

Aplikasi PeduliLindung tersedia gratis di Apple App Store (iOS) dan Google Play Store (Android). Aplikasi ini bekerja ringan dan tidak membebani HP apapun. Selama smartphone dan jaringan internet tersedia, rasanya mengecek dan mendownload sertifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi ini adalah cara terbaik.

Berikut adalah cara download dan cek sertifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi.

  • Download dan instal terlebih dahulua aplikasi PeduliLindungi.
  • Jika sudah, maka buka aplikasi tersebut.
  • Masuk ke dalam aplikasi dengan mengetik nomor HP yang telah Kamu daftarkan saat vaksinasi Covid-19 dilakukan.
  • Selanjutnya, Kamu akan mendapatkan SMS berisi kode OTP 6 digit.
  • Ketik kode OTP 6 digit tersebut untuk menyelesaikan verifikasi.
  • Kamu berhasil masuk ke aplikasi PeduliLindungi.
  • Di halaman utama aplikasi, pilih opsi Sertifikat Vaksin.
  • Kemudian, ketuk Nama.
  • Jika sudah tersedia, maka sertifikat vaksin Covid-19 milikmu akan tampil di sana.
  • Kamu berhasil mengecek sertifikat vaksin.
  • Untuk mendownload sertifikat tersebut, ketuk Unduh (sudut kanan bawah).
  • Tunggu sampai sertifikat vaksin didownload.
  • Sertifikat vaksin Covid-19 kini sudah berhasil disimpan di HP Kamu.

2. Melalui Website PeduliLindungi

PeduliLindungi juga hadir dalam bentuk website. Selain melalui aplikasinya, mengecek dan mendownload sertifikat vaksin Covid-19 yang juga mudah dilakukan adalah melalui situs ini. Di situs PeduliLindungi ini, Kamu juga bisa mengakses beragam informasi terkait pandemi Covid-19 dan rekam kesehatanmu.

Kamu bisa membuka dan menggunakan situs ini melalui HP mapun PC. Verifikasi via SMS dan email akan menjadi syarat bisa masuk ke akun PeduliLindungi. Di luar hal tersebut tidak ada yang membuat pengecekan dan pengunduhan sertifikat vaksin Covid-19 di sana menjadi sesuatu yang sulit dilakukan.

Berikut adalah cara mendownload dan mengecek sertifikat vaksin Covid-19 melalui situs PeduliLindungi.

  • Buka aplikasi web browser di HP atau PC Kamu.
  • Selanjutnya, buka website PeduliLindungi.
  • Alamatnya website ada di sini: https://www.pedulilindungi.id/.
  • Di sana, pada teks Sudah melakukan vaksinasi COVID-19…, klik saja Di Sini.
  • Kamu bisa memasukkan alamat email atau nomor telepon yang digunakan ketika vaksinasi.
  • Silakan masukkan salah satu.
  • Kamu akan mengerikan kode OTP 6 digit yang dikirim via SMS atau email.
  • Masukkan kode OTP tersebut dan selesaikan proses verifikasi.
  • Kemudian, klik I’m not a robot dan selesaikan CAPTCHA.
  • Jika sudah, klik Masuk.
  • Sekarang, klik menu Nama Akun (sudut kanan atas).
  • Klik Sertifikat Vaksin dan pilih Nama.
  • Jika sudah tersedia, maka sertifikat vaksin Covid-19 milikmu akan tampil di sana.
  • Untuk mendownload sertifikat tersebut, klik Unduh.
  • Tunggu sampai sertifikat vaksin didownload.
  • Sertifikat vaksin Covid-19 kini sudah berhasil disimpan di HP atau PC Kamu.

3. Melalui SMS Nomor 1199

Kamu bisa mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 melalui SMS nomor 1199. Sebenarnya, SMS dari nomor 1199 ini akan Kamu dapat setelah vaksinasi sukses (tahap manapun) dilakukan. Kemudian, akan diberi tautan berisi sertifikat vaksin C-19 yang bisa diakses melalui situs PeduliLindungi.

Dari sana, Kamu bisa mengakses sertifikat vaksin Covid-19 dengan masuk ke akun PeduliLindungi yang Kamu miliki. Prosedurnya sama saja dengan cara sebelumnya. Hanya saja yang berbeda adalah proses mengakses situs tersebut. Berikut adalah cara download dan cek sertifikat vaksin C-19 melalui SMS.

  • Setelah Kamu berhasil melakukan vaksinasi Covid-19, Kamu akan mendapatkan SMS dari 1199.
  • Isi dari SMS tersebut selain memberi tahu jadwal vaksinasi kedua juga menyertakan tautan yang berisi sertifikat vaksin Covid-19.
  • Kamu hanya perlu ketuk saja tautan tersebut.
  • Kamu akan diarahkan ke website PeduliLindungi.
  • Selanjutnya, Kamu hanya perlu mengulang cara cek sertifikat melalui situs tersebut.
  • Untuk lebih jelas, berikut adalah panduannya.
  • Kamu bisa memasukkan alamat email atau nomor telepon yang digunakan ketika vaksinasi.
  • Silakan masukkan salah satu.
  • Kamu akan menerima kode OTP 6 digit yang dikirim via SMS atau email.
  • Masukkan kode OTP tersebut dan selesaikan proses verifikasi.
  • Kemudian, klik I’m not a robot dan selesaikan CAPTCHA.
  • Jika sudah, klik Masuk.
  • Sekarang, klik menu Nama Akun (sudut kanan atas).
  • Klik Sertifikat Vaksin dan pilih Nama.
  • Jika sudah tersedia, maka sertifikat vaksin Covid-19 milikmu akan tampil di sana.
  • Untuk mendownload sertifikat tersebut, klik Unduh.
  • Tunggu sampai sertifikat vaksin didownload.
  • Sertifikat vaksin Covid-19 kini sudah berhasil disimpan di HP.

4. Melalui Chatbot WhatsApp Kemenkes RI

Telah tersedia Chatbot WhatsApp resmi Kemenkes RI yang akan melayani keluhan maupun permintaan pengecekan sertifikat vaksin Covid-19. Selain pengecekan, Kamu juga bisa mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 di sana. Namun, Kamu tetap harus memasukkan data yang terdaftar di PeduliLindungi.

Berikut cara mendownload dan mengecek sertifikat vaksin Covid-19 melalui Chatbot WA Kemenkes RI.

  • Buka aplikasi WhatsApp di HP-mu.
  • Kemudian kontan WA Kemenkes RI di nomor 081110500567.
  • Di sana, kamu diminta memasukkan nomor HP yang terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi.
  • Kamu akan mendapatkan SMS berupa kode OTP 6 digit.
  • Selanjutnya, Kamu tinggal masukkan kode OTP tersebut.
  • Jika sudah, Kamu ketuk saja Download Sertifikat.
  • Silakan masukkan nama dan NIK yang terdaftar pada akun PeduliLindungi.
  • Kamu hanya perlu memilih sertifikat vaksin Covid-19 mana yang akan diunduh.
  • Sertifikat tersebut kini telah berhasil ada di HP-mu.

Bagaimana Jika Sertifikat Vaksin Covid-19 Belum Tersedia?

Sudah mempraktikkan cara download dan cek sertifikat vaksin Covid-19 di atas tetapi ternyata sertifikat vaksin Covid-19 masih belum tersedia, apa yang harus dilakukan? Sertifikat vaksin Covid-19 apapun tahapnya seharusnya tersedia dalam waktu kurang dari 24 jam setelah Kamu melakukan vaksinasi C-19.

Namun, Kamu tentu tidak bisa berharap jika sertifikat tersebut langsung muncul seketika setelah vaksinasi Covid-19 dilakukan. Kamu harus menunggu sampai lebih dari 24 jam untuk memastikan bahwa memang ada hal yang harus diperbuat agar sertifikat vaksin Covid-19 bisa segera muncul dan bisa didownload.

Jika hal tersebut terjadi padamu, maka Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Kamu bisa mengajukan keluhan melalui email ke PeduliLindungi.
  • Silakan buat email dengan format yang berisi nama lengkap, NIK KTP, tempat tanggal lahir, nomor ponsel yang terdaftar ketika vaksinasi, dan lampiran berupa foto dengan KTP dan kartu vaksinasi.
  • Selanjutnya, kirim keluhan tersebut ke alamat [email protected].
  • Kamu juga bisa mengajukan keluhan melalui Chatbot WA Kemenkes RI nomor 081110500567.
  • Cara lain adalah dengan mengontak Call Center 119 dan memilih ekstensi 9.

Sertifikat Vaksin Covid-19 Sebaiknya Tidak Dicetak

Sertifikat vaksin Covid-19 memang diproduksi dalam bentuk digital. Untuk menunjukkan sertifikat ini kepada petugas yang akan memeriksa, Kamu hanya perlu menampilkannya melalui layar HP. Tidak semua nyaman dengan hal tersebut. Memiliki dan memegang sertifikat vaksin dalam bentuk fisik lebih diinginkan.

Sayangnya, memiliki dan menggunakan sertifikat vaksin Covid-19 dalam bentuk fisik ternyata tidak direkomendasikan. Ada beberapa kerugian dan risiko jika Kamu ingin mencetak sertifikat vaksin Covid-19. Berikut adalah alasan kenapa sebaiknya Kamu tidak mencetak sertifikat vaksin Covid-19 tahap manapun.

Penyalahgunaan Data

Vaksin Covid-19 berisi beragam data kependudukan dan informasi privat yang apabila bocor dan berada di pihak yang salah bisa disalah gunakan. Zaman sekarang, data pribadi ada nilai jualnya. Kamu tentu tidak mau seseorang menggunakan NIK KTP untuk dijadikan sebagai pengajuan syarat pinjaman online.

Sebelumnya banyak fenomena penyedia jasa pencetakan sertifikat vaksin Covid-19. Jasa pencetakan tersebut ternyata memunculkan risiko kebocoran data yang besar. Upaya pemblokiran penyedia jasa melalui kata kunci pencarian pun telah dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi hal buruk tersebut.

Tidak Diperlukan

Sertifikat vaksin diperlukan sebagai syarat banyak hal. Pengecekan sertifikat vaksin ini dilakukan secara digital. Yang perlu Kamu lakukan hanya menyimpan sertifikat vaksin di HP atau memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi. Pemerintah sendiri tidak mengeluarkan aturan yang mewajibkan sertifikat harus dicetak.

Bagaimana jika mencetak sertifikat vaksin Covid-19 secara mandiri dengan printer sendiri? Hal tersebut bisa saja dilakukan dan tentu menjamin kerahasiaan data. Memang ada orang yang berpikir untuk berjaga sebaiknya memiliki sertifikat vaksin Covid-19 secara fisik. Hal tersebut sah saja walaupun tidak diperlukan.

Jika Kamu sudah divaksin Covid-19 dan tidak tahu apakah sertifikat vaksin Covid-19 sudah muncul atau belum, maka segera praktikkan salah satu cara download dan cek sertifikat vaksin Covid-19 di atas. Jika terdapat masalah pada sertifikat, jangan ragu untuk segera melaporkannya ke pihak yang berwenang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *